Pentingnya Laporan Keuangan bagi Pengusaha

Laporan keuangan perusahaan adalah dokumen yang sangat penting keberadaannya. Mari kita ketahui seberapa pentingnya laporan keuangan bagi perusahan berikut ini.

Dalam pembangunan suatu usaha atau bisnis milik pribadi maupun perusahaan, selalu perlu yang namanya pencatatan. Mengatur segala pengeluaran dan pemasukan pada laporan keuangan sangat diperlukan untuk Anda seorang pebisnis maupun pengusaha. Karena begitu pentingnya laporan keuangan, hal ini pun menjadi basic ilmu keuangan yang harus diketahui.

Dengan adanya dokumen laporan berkaitan dengan keuangan, Anda bisa memantau segala hal yang berkaitan dengan arus dana perusahaan. Anda pun juga bisa mewujudkan sistem bisnis yang sistematis dan integratif, dengan kebutuhan dana yang sangat terkendali. Dibawah ini kami akan membahas berbagai hal mengenai laporan keuangan perusahaan.

Mengenal Laporan Keuangan Secara Umum

Laporan keuangan merupakan pencatatan yang penting dalam suatu bisnis. Dengan adanya laporan keuangan akan memudahkan Anda mengetahui lebih detail kondisi perusahaan Anda secara menyeluruh. Laporan keuangan perusahan pun bisa dikatakan sebagai jalan kemajuan bisnis Anda.

Hal ini dikarenakan Anda harus dapat memperhitungkan dengan jelas kondisi keuangan Anda agar mudah untuk mengambil keputusan yang berkaitan dengan bisnis. Dengan laporan keuangan yang jelas dan akurat membuat Anda lebih paham kondisi perusahaan yang sudah Anda bangun mulai dari nol.

Laporan keuangan memiliki definisi laporan yang berupa pencatatan informasi keuangan perusahaan dalam satu periode akuntansi. Laporan keuangan ini menggambarkan kondisi keuangan perusahaan secara berkala. Pentingnya laporan keuangan ini akan mempengaruhi keadaan perusahaan Anda kedepannya.

Manfaat Laporan Keuangan bagi Pengusaha

Mengetahui laporan keuangan secara detail menjadikan Anda berhati-hati dalam mengambil setiap tindakan. Bagi Anda yang baru memulai usaha, pembukuan atas segala transaksi keuangan sangatlah penting. Berikut ini manfaat yang akan Anda diterima bila melakukan pembukuan atas laporan keuangan :

1.   Menyediakan informasi kondisi keuangan serta perkembangan yang dihasilkan

Pada dasarnya, perusahaan adalah pelaku pemutaran kas dan memiliki tujuan untuk menghasilkan laba sebanyak mungkin. Laporan keuangan yang terstruktur akan membuat Anda mengetahui besaran laba yang dihasilkan dapat dipantau oleh manajemen tingkat atas. Anda akan lebih mudah mengontrol usaha atau bisnis Anda pada setiap periode akuntansi.

2.   Memisahkan aset pribadi dan aset perusahaan

Pembukuan dengan laporan keuangan akan memudahkan Anda mengetahui aset yang tersedia di perusahaan Anda. Pemisahan ini dilakukan sebagai bentuk laporan yang mendetail tentang kondisi keuangan perusahaan. Dengan begitu Anda bisa memisahkan keperluan pribadi dan perusahaan yang tidak seharusnya dicampur menjadi satu.

3.   Laporan keuangan sebagai acuan dalam mengambil keputusan

Mengetahui laporan dari setiap kegiatan perusahaan akan memudahkan Anda dalam mengambil keputusan. Acuan pada laporan keuangan akan membuat Anda tidak salah dalam pengambilan keputusan. Karena dalam laporan yang sudah disediakan, Anda akan mengalami kemudahan dalam mengambil keputusan yang tepat dan menguntungkan bagi perusahaan.

4.   Memberikan informasi yang berguna bagi manajemen perusahaan

Laporan keuangan yang tepat akan berguna untuk manajemen perusahaan Anda. Berbagai pihak pada perusahaan baik dari sisi internal maupun eksternal akan meminta pertanggungjawaban, dan ini bisa diatasi dengan penyediaan laporan yang sistematis.

5.   Melakukan pengawasan dan pengendalian kegiatan perusahaan

Kondisi perusahaan harus dipantau seteliti mungkin. Segala hal yang sudah diatur dalam laporan keuangan akan mempermudah proses pengawasan dan pengendalian. Transparansi transaksi pun bisa diwujudkan dengan adanya pencatatan secara historis oleh para akuntan.

6.   Membantu dan memudahkan suatu perusahaan untuk mencapai target yang telah ditetapkan

Sebuah perusahaan pastinya memiliki target, dan laporan keuangan berfungsi untuk menertibkan rencana anggaran serta membantu pencapaian tujuan lebih cepat. Inilah pentingnya laporan keuangan bagi pebisnis seperti Anda akan memudahkan mencapai kesuksesan yang sudah dirancang sedemikian rupa.

7.   Membantu perusahaan mengetahui laba yang diperoleh

Laporan keuangan yang dirancang akan membuat Anda mengetahui aktivitas perusahaan secara mendetail. Dengan demikian pada akhir periode pencatatan akan diketahui nominal hasil laba atau keuntungan yang diharapkan oleh perusahaan.

Jenis-jenis laporan keuangan

Laporan keuangan biasanya memiliki fokus objek yang berbeda pada setiap jenisnya, inilah yang mendasari perbedaan jenis-jenis laporan tersebut. Berdasarkan SAK (Standar Akuntansi Keuangan) yang sedang berlaku di negara kita, terdapat 5 jenis laporan keuangan yang perlu Anda ketahui, yaitu :

1.   Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi berfungsi sebagai hasil akhir periode perusahaan Anda, apakah perusahaan tersebut laba atau rugi. Laporan ini berisi tentang pendapatan dan biaya – biaya dari perusahaan Anda. Dengan perhitungan pendapatan dikurangkan dengan biaya dalam produksi maupun non produksi.

Penyusunan laporan ini terdiri dari dua cara, yaitu single step (langsung) dan multi step (bertahap). Penggunaan metode single step untuk membuat laporan ini lebih mudah karena hanya perlu menjumlahkan seluruh pendapatan dari atas sampai bawah. Total beban yang ada pada periode berlaku dikurangkan dengan total jumlah pada laporan.

Metode multi step membagi pendapatan yang dimiliki perusahaan menjadi pendapatan operasional dan pendapatan non operasional. Dalam laporan laba rugi, Anda harus menyertakan pendapatan, laba rugi usaha, beban atau biaya – biaya yang dikeluarkan, serta hak minoritas. Laporan ini berdasarkan metode ekuitas terdiri dari aktivitas normal, periode berjalan, afiliasi, serta asosiasi perusahaan.

2.   Laporan Arus Kas

Laporan arus kas biasa disebut dengan laporan cash flow. Laporan ini bisa dijadikan acuan bagi Anda untuk memprediksi pengeluaran dan pemasukan keuangan Anda kedepannya. Laporan arus kas ini berasal dari tiga arus kegiatan, yaitu dari kegiatan operasional, kegiatan pendanaan dan kegiatan investasi.

3.   Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal memuat tentang perubahan modal yang Anda miliki. Yaitu dengan menambahkan modal awal yang sudah Anda setorkan dan laba yang telah Anda dapat.

Laporan perubahan modal ini dapat Anda prediksi selama satu periode akuntansi. Perubahan modal yang terjadi pada “dompet” perusahan beserta penyebab perubahannya akan Anda ketahui dengan mudah melalui laporan ini.

4.   Laporan Neraca

Balance sheet merupakan nama lain dari laporan neraca yang biasanya dimiliki perusahaan. Laporan neraca ini memiliki fungsi sebagai penunjuk kondisi informasi keuangan perusahaan Anda. Penyusunan laporan ini memperhatikan penyamaan antara posisi aktiva berupa harta dan aset serta utang dan modal (ekuitas)

5.   Laporan Atas Laporan Keuangan

Laporan atas laporan keuangan berupa rincian atas segala hal yang tertera dalam laporan lainnya. Laporan ini tentang bagian inti perusahaan dan tidak setiap usaha menyusun laporan ini. Laporan jenis ini adalah laporan yang pembuatannya berkaitan dengan laporan yang disajikan.

Laporan jenis ini berisi tentang detailnya sebab dan alasan terkait dengan data keuangan yang telah disajikan. Penyusunan jenis laporan akan mempermudah para pembaca laporan data perusahaan dalam bentuk yang lebih efisien.

Sebagai pengusaha ataupun pebisnis Anda wajib membuat pembukuan sebagai bentuk catatan atas segala aktivitas perusahaan Anda. Karena pentingnya laporan keuangan akan mempengaruhi kondisi perusahaan Anda di masa depan. Bagi Anda yang ingin membeli produk software akuntansi berkualitas, bisa menggunakan produk dari SISCOM, penyedia aplikasi akuntansi terbaik di Indonesia.

Message

Hubungi
Kami

Form Siscom ERP

Demo gratis!
Daftar Sekarang!

Whatsapp Siscom ERP

Kirim pesan Anda
melalui Whatsapp

Whatsapp Siscom ERP

Atau hubungi Kami
+62 21 5694 5002