27 Juli 2020
Cara Menentukan Harga Jual dan Faktor Penentunya

 Harga jual adalah nominal yang harus dikalkulasi oleh para pengusaha agar memperoleh laba. Lalu bagaimanakah cara menentukan harga jual yang baik?

Jika Anda pergi ke sebuah toko, pasti melihat banyak barang dijual dengan harga beragam. Harga tersebut adalah nominal yang harus kita tebus untuk bisa memiliki barang yang dijual oleh para pedagang. Bukan masalah sepele, banyak orang ternyata tidak memahami metode atau cara menentukan harga jual karena kurangnya wawasan mengenai hal itu.

Harga jual merupakan suatu yang harus ditentukan untuk anda yang akan mulai usaha dengan jenis produk yang anda pasarkan. Tidak jarang banyak orang menentukan harga jual tanpa memperhatikan faktor yang berpengaruh pada barang maupun jasa tersebut. Dalam artikel ini, kami akan membahas segala hal yang anda ingin ketahui berkaitan dengan cara menentukan harga jual.

Mengenal Apa Yang Dimaksud Harga Jual

Harga jual adalah sejumlah kompensasi (uang maupun barang) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi antara barang atau jasa. Seorang pengusaha barang maupun jasa harus memperhatikan dan membuat harga jual yang layak di pasaran. Harga jual ini perlu untuk ditetapkan berdasarkan harga pasar agar produk anda terjual dengan memperoleh laba maksimal.

Mengetahui pentingnya harga jual untuk perusahaan memang cukup diperlukan karena hal  ini menjadi faktor utama untuk kemajuan usaha anda. Faktor penentuan harga jual memang sangat sensitif, karena harga yang sudah Anda tentukan akan mempengaruhi daya beli konsumen. Maka dari itu, perlu Anda ketahui beberapa faktor yang berpengaruh saat anda menentukan harga jual bagi reseller atau customer anda.

Faktor Penentu Harga Jual

Harga jual merupakan salah satu hal yang rawan, dan harus sangat diperhatikan penentuannya oleh para pengusaha. Cukup banyak faktor yang mampu mempengaruhi naik turunnya harga jual produk secara fluktuatif di pasaran. Berikut ini berbagai faktor penentu harga produk yang harus diketahui para pebisnis :

1.   Segmentasi Konsumen

Penentuan harga produk anda sangat berpengaruh kepada siapa anda memproduksi barang maupun jasa tersebut. Segmentasi konsumen untuk anak-anak tentu saja berbeda dengan orang dewasa atau lansia. Dari segi harga, segmentasi konsumen akan sangat berpengaruh terhadap tinggi rendah nominal trade off yang dicanangkan.

2.   Harga Kompetitor

Survey harga kompetitor perlu anda lakukan terlebih dahulu untuk bisa membantu penentuan harga produk. Anda baru bisa menentukan harga jual tersebut setelah mengetahui rata-rata harga dari pesaing anda di pasaran. Karena penentuan tinggi rendah harga produk mempengaruhi pikiran masyarakat untuk membeli atau tidak barang tersebut.

3.   Biaya produksi

Biaya produksi merupakan biaya yang anda keluarkan saat proses produksi. Biaya tenaga kerja langsung (BTKL), biaya bahan baku (BBB), dan berbagai biaya lainnya termasuk apda jenis biaya ini. Dengan melakukan kalkulasi biaya produksi dan ditambah dengan biaya laba, Anda bisa langsung mengetahui harga pokok produk yang sebaiknya diterapkan.

4.   Biaya Pemasaran

Penentuan biaya ini sangat perlu untuk mempromosikan produk anda agar penjualannya lebih luas. Tenaga kerja yang bertugas untuk memasarkan produk biasanya juga perlu diberi gaji yang wajar. Inilah mengapa biaya pemasaran, termasuk biaya iklan (advertising), gaji SPG, dan lainnya mampu mempengaruhi harga produk.

5.   Biaya distribusi

Biaya ini juga perlu anda perkirakan sebagai biaya pengiriman produk anda pada konsumen. Pada biaya distribusi, dihitung semua beban penyaluran barang ke tempat konsumen atau rantai distribusi akhir. Termasuk biaya pengepakan, biaya transportasi, dan biaya distribusi lain mampu meningkatkan atau menurunkan harga jual produk.

6.   Keuntungan dari penjualan produk

Ini merupakan faktor terpenting dalam penentuan harga jual produk anda. Perhitungan keuntungan ini harus anda perhitungkan untuk memperoleh laba untuk pengembangan usaha anda kedepannya. Sebaiknya tambahkan laba sebesar sekian persen agar perusahaan tidak merugi.

Manfaat Dari Penentuan Harga Jual

Setelah anda mengetahui berbagai faktor yang mempengaruhi harga jual produk, Anda harus mengetahui berbagai manfaat penentuan harga jual tersebut bagi perusahaan. Berikut ini manfaat yang akan anda peroleh dari penentuan harga jual yang tepat :

1.   Laba yang Anda Peroleh akan Maksimal

Dengan memperhatikan faktor yang sudah dipaparkan, anda akan benar-benar menentukan harga jual dengan baik dan laku dipasaran. Dengan begitu anda akan memperoleh laba maksimal sesuai dengan target yang sudah anda tentukan.

2.   Mencapai Penghasilan atas Investasi

Keuntungan besar yang anda dapatkan akan membuat anda berinvestasi lebih banyak lagi untuk perusahaan. Maka dari itu menentukan harga jual tetap dengan persentase laba yang telah diukur akan membuat Anda mampu memperoleh feedback keuntungan dari investasi yang dilakukan.

3.   Menghadapi atau Mencegah Persaingan

Harga jual yang sudah anda terapkan harus memperhatikan kondisi  pasar untuk meningkatkan daya beli konsumen akan produk. Dengan produk berkualitas terbaik, anda akan dengan mudah menghadapi dan mencegah adanya persaingan.

4.   Kestabilan Harga

Dengan penentuan harga jual, perusahaan bahkan bisa  mengendalikan harga pasar untuk suatu produk dengan stabil. Permintaan barang yang menurun karena terjadinya perang harga pun bisa dicegah dengan metode penetapan harga jual.

Strategi Penetapan Harga Jual

Dalam penentuan harga jual produk, sangat disarankan untuk menambahkan segala biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh laba. Kebijakan terhadap harga penting dilakukan karena sangat berpengaruh terhadap pendapatan keuntungan yang dimiliki perusahaan. Dua cara ini dapat anda gunakan sebagai strategi menetapkan harga jual produk dari sebuah perusahaan :

1.   Skimming price

Skimming price ini adalah penetapan harga yang tinggi pada produk yang disertai dengan promosi besar-besaran. Namun kemudian harga ini akan menurun seiring berkembangnya produk lain, seperti berbagai produk elektronik.

2.   Penetration price

Kebalikan dari skimming price merupakan penetration price. Pada metode ini, pangsa pasar yang sangat luas bisa diperoleh perusahaan dengan cara menetapkan harga terendah. Metode ini sangat berguna untuk membangun image atau citra perusahaan dimata konsumen.  Contoh dari metode ini adalah penetapan tarif pembelian pulsa.

Cara Menentukan Harga Jual

Menentukan harga jual sama saja dengan pentingnya anda merancang produk yang akan anda pasarkan. Karena produk yang menarik serta harga jual yang tepat dapat membuat konsumen membeli produk anda. Oleh sebab itu, berikut ini cara yang harus anda lakukan untuk menentukan harga jual produk :

1.   Cost-Plus Pricing Method (Penetapan Harga Biaya plus)

Cost-plus pricing method merupakan jenis penentuan harga produk dengan menghitung keseluruhan biaya yang digunakan untuk produksi barang per unit. Setelah itu ditambah dengan jumlah tertentu untuk menutup harga beli dan memperoleh laba yang dikehendaki. Laba yang dikehendaki pada per unit tersebut disebut dengan margin.

Rumus : harga jual = biaya total + margin

2.   Mark Up Pricing Method (Penetapan Harga Mark Up)

Jenis penentuan harga yang satu ini adalah dengan cara menentukan kelebihan harga tiap produk demi laba yang telah dikalkulasi. Penentuan harga ini lebih mengacu pada perkiraan anda untuk memperoleh laba. Pada sistem ini Anda membeli barang dagangan kemudian menjual produk dengan menentukan harga tambahan sendiri untuk memperoleh keuntungan.

Rumus : harga jual = harga beli + mark up

Itulah beberapa hal-hal berkaitan dengan harga jual produk yang harus Anda ketahui. Sebagai pengusaha ataupun pebisnis anda diharuskan menentukan harga jual yang tepat. Anda bisa menggunakan cara menentukan harga jual dari kami sebagai referensi anda.

Penghitungan akuntansi selalu memerlukan tingkat akurasi yang begitu tinggi, dan bisa diperoleh dengan penggunaan software akuntansi yang berkualitas. Anda bisa membeli atau menyewa layanan produk dari SISCOM untuk mendapatkan aplikasi akuntasnsi terbaik. Demikianlah artikel kami tentang cara menentukan harga jual produk, semoga bermanfaat.