Updates

Blog
10 Oktober 2016
Kenapa Perlu Pakai Software Akuntansi ?

SISCOM Software Akuntansi

Tulisan ini dibuat eksklusif khusus untuk tipe orang yang simple dan praktis.

Sebelum Anda melanjutkan membaca, coba jawab pertanyaan ini terlebih dahulu.

Apa Anda sudah mengetahui tentang keberadaan software akuntansi yang dapat memudahkan pekerjaan Anda?

Jika sudah, apa Anda sudah menggunakan software akuntansi dalam bisnis atau usaha Anda?

Jika belum, nah sekarang Anda sudah tahu jika ada software yang dapat membantu memudahkan pekerjaan Anda misalnya dalam hal pembuatan laporan keluar masuk barang.

Mempermudah bagaimana sih software akuntansi itu?

Hanya mencatat laporan keluar masuk barang?

Oh tentu tidak hanya itu. Nah, saya ingin mengajak Anda untuk berandai-andai sebentar. Bagi beberapa dari Anda, ini tidak hanya sekedar berandai-andai karena mungkin Anda sendiri mengalaminya.

Jika Anda memiliki bisnis atau usaha, hal yang penting untuk dilakukan adalah melakukan pencatatan terhadap setiap barang yang Anda miliki. Mulai dari awal barang itu masuk ke toko Anda, berapa stok yang tersedia, berapa banyak yang sudah terjual hingga penghasilan yang didapat dari penjualan Anda.

Setiap bukti transaksi tersebut pasti akan Anda arsipkan dan catat sebagai data dalam perusahaan Anda. 

Namun coba bayangkan, dari sekian banyaknya transaksi yang terjadi di toko / perusahaan Anda tiba-tiba ada satu barang (sebut saja produk A) yang seharusnya stoknya masih tersedia sebanyak 51 buah hanya anda temukan sebanyak 36 saja? Kemana 15 sisanya?

Maka yang akan Anda lakukan adalah mengumpulkan bukti penjualan dari produk A yang tercampur dengan produk-produk lainnya di tumpukan bon Anda.

Belum lagi Anda perlu memanggil dan mengecek pegawai Anda untuk konfirmasi tentang ketersediaan stok produk A ini. Dan tracking seperti ini membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit.

Cukup merepotkan bukan?

Nah coba bayangkan lagi, itu baru dengan jumlah yang kecil. Bagaimana jika ketidak cocokan dalam laporan Anda jumlahnya lebih banyak? Dan yang paling krusial lagi apa bila itu berupa nominal uang yang jumlahnya tidak sedikit.

Memusingkan? Ya! Kami mengerti itu.

Karena banyak pengusaha yang mengalami hal-hal tersebut diatas atau bahkan hal-hal lain yang tidak disebutkan diatas, maka munculah solusi berupa SOFTWARE AKUNTANSI.

Dari cara Anda membaca sampai sejauh ini, dapat saya simpulkan kalau Anda orang yang cukup penasaran dan mau mempelajari hal-hal baru. Dan itu adalah hal yang baik!

Dengan menggunakan software akuntansi, Anda juga dapat mendata mulai dari Pembelian Barang, Penjualan, Piutang, Hutang, Kas & Bank, laba rugi, buku besar, neraca dan masih banyak lagi. Semua hal itu dapat hanya dengan meng-klik laporan yang Anda inginkan dan dalam waktu yang singkat. Praktis dan tidak makan waktu.

Oh ya, apa ada diantara Anda yang bisnisnya bergerak di bidang jasa?

Software akuntansi tidak hanya dapat mencatat tentang produk Anda saja. Jika bisnis Anda berupa jasa, Anda juga tetap dapat menggunakan software praktis ini.

Misalnya, jika bisnis Anda adalah servis AC. Selain dapat mencatat pengeluaran, pemasukan dan stok-stok yang tersedia di tempat Anda, Anda juga bisa mendata siapa yang sedang pergi melakukan servis dan servis apa saja yang sudah dilakukan. Semua hal itu akan tercatat dengan jelas dan Anda akan memiliki histori yang lengkap dari servis yang sudah Anda lakukan.

Menggunakan software akuntansi ini mirip dengan memiliki asisten pribadi. 
Anda dapat mengecek semua transaksi dan persediaan yang Anda miliki hanya dengan modal gadget maupun laptop dimana saja dan kapan saja.

Sekarang Anda sudah membaca tulisan ini sampai dengan kalimat ini, maka dapat saya asumsikan kalau Anda sudah mengetahui betapa praktis dan simple nya jika Anda menggunakan software dalam bisnis Anda.

Kalau Anda sudah mulai tertarik dengan software akuntansi, maka pertanyaan berikutnya yang akan muncul adalah “harganya berapa sih?”

Nah kalau soal harga, itu tergantung dengan software akuntansi apa yang Anda pilih dan fitur-fitur yang terdapat didalamnya. Semakin lengkap fiturnya, maka harga nya juga akan menyesuaikan.

Mungkin ada beberapa dari Anda yang mengatakan kalau software akuntansi itu mahal. Tapi kembali lagi, mahal jika dibandingkan dengan apa? Coba bandingkan dengan hasil yang akan Anda dapatkan nantinya dan kemudahan dalam penggunaannya.

Coba bayangkan ilustrasi berikut:

Anggaplah Software Akuntansi itu seperti sebuah motor yang diperlukan perusahaan untuk melakukan pengambilan dan pengiriman barang. Tanpa keberadaan motor tersebut, tentu perusahaan akan mengalami kesulitan untuk menunjang kegiatan perusahaan. 

Dalam kondisi seperti diatas, sebagai seorang pengusaha Anda tentu akan memilih untuk menyediakan motor yang bermanfaat untuk menunjang kegiatan perusahaan untuk saat ini dan terlebih untuk kedepannya, ya kan? 

Sama seperti penggunaan motor, penggunaan software akuntansi juga berlaku hal yang sama. Misalnya:

Anda memutuskan untuk berinvestasi dalam software akuntansi yang bernilai Rp. 12.000.000,-.

Biaya software tersebut jika diperhitungkan sebagai biaya dengan cicilan 3 Tahun, artinya Anda akan mendapatkan asisten pribadi hanya dengan Rp. 333.333,-per-bulan. 

Mahalkah ini berbanding dengan manfaat yang didapatkan? Dan tentu manfaat itu jangan hanya diperhitungkan dalam jangka pendek. Pikirkan apa yang dapat diperoleh dalam jangka waktu yang panjang. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih software akuntansi :
1. Siapa Penjualnya, belilah dengan vendor yang punya kredibilitas yang jelas. Coba bayangkan jika 3 tahun kemudiaan software anda ada masalah sementara penjualnya tidak dapat dihubungi.

2. Pastikan kalau produk yang Anda pilih adalah produk yang original! Jangan sampai Anda terlena dengan harga murah yang ditawarkan tanpa mengetahui produk itu original atau bajakan.

Jika sampai saat ini Anda masih belum memutuskan untuk menggunakan software akuntansi karena biaya, coba jawab pertanyaan ini.

Mana yang lebih penting untuk Anda: menghemat pengeluaran untuk software saat ini atau memberikan investasi untuk software sehingga pekerjaan Anda lebih praktis, menghemat waktu dan lebih berkembang kedepannya?

Anda sendiri yang tentukan jawabannya :)

Blog
The latest blog.